Cari Tahu Tentang Besi Plat Strip dan Fungsinya

Bagi orang yang sudah familier dengan bahan bangunan pasti pernah mendengar besi plat strip. Material ini sering kali dianggap sebagai material yang sangat penting di berbagai jenis pembangunan. 

Baik pembangunan berskala kecil misalnya membangun rumah atau villa. Sampai dengan skala besar seperti pembangunan gedung atau gudang industri. 

Tentang Besi Plat Strip 

Walaupun sudah secara luas digunakan, namun mungkin saja ada sebagian orang yang tidak familiar dengan bahan bangunan satu ini. Besi plat strip adalah bahan yang terbuat dari besi dan sesuai dengan namanya berbentuk strip. 

Karena itu, material ini sering kali disebut sebagai strip besi atau plat strip. Dalam bentuk strip, material ini tersedia dalam berbagai macam ukuran dan dimensi. Hal ini memudahkan para penggunanya untuk memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Selain tersedia dalam berbagai ukuran, plat besi strip ini juga terdiri atas berbagai jenis. Mulai dari plat hitam, plat kapal, sampai dengan plat kembang. Setiap jenis tentu saja memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. 

Variasi material ini sebenarnya tidak 100% terbuat dari besi. Biasanya, ada kandungan baja karbon yang cukup rendah mulai dari 0,04% sampai dengan 0,1%. Namun, kombinasi ini yang membuat material ini semakin ideal untuk berbagai kebutuhan. 

Fungsi Besi Plat Strip 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, material ini sudah digunakan secara luas untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk proyek dengan skala kecil maupun skala besar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fungsi dari material ini untuk berbagai keperluan: 

  1. Membuat Pagar Rumah 

Dengan kandungan baja karbon yang rendah namun konstruksi yang kokoh. Bahan ini juga ideal untuk dijadikan sebagai bahan pagar. Terutama, untuk pagar rumah yang biasanya tidak memerlukan bahan yang terlalu berat dan mudah dibentuk. 

Walaupun ideal untuk pagar rumah, bahan ini terbilang kurang ideal untuk pagar gudang atau bangunan yang besar. Karena terlampau ringan dan mudah dipindahkan. 

  1. Teralis Pintu dan Jendela 

untuk para pemilik rumah yang ingin menambah keamanan ekstra pada pintu dan jendela. material ini merupakan pilihan yang tepat untuk membuat teralis. Karena bahannya yang kokoh namun tidak terlalu berat. 

Selain itu, dengan variasi ukuran yang beragam. Tidak sulit menemukan plat dengan ukuran yang ideal untuk pintu maupun jendela. 

  1. Material Untuk Membuat Tangga 

Seperti yang diketahui, ada banyak pilihan material yang bisa digunakan untuk membuat tangga. Plat besi bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik, karena memiliki daya tahan yang kuat dan stabil. 

Besi plat strip ternyata bukan hanya sekedar material yang banyak digunakan saja. Material ini banyak digunakan, tentu saja karena fungsinya yang beragam dan penggunaannya yang fleksibel untuk berbagai keperluan pembangunan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top