Mengenal Tentang Besi Wiremesh dan Berbagai Fungsinya

Membangun serta mempunyai hunian sendiri merupakan impian banyak orang. Namun, membangun rumah tentu harus disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Lebih pentingnya, membangun rumah harus memperhatikan kualitasnya, terutama bahan bangunan yang digunakan. Kini, Anda bisa dengan mudah mengeksplorasi kebutuhan atau keinginan dari rumah yang akan dibangun serta menyesuaikan anggaran yang dipunya.

Di dunia konstruksi, ada sangat banyak bagian penting dan punya peran sendiri, satu di antaranya adalah besi wiremesh. Jika Anda sering berhubungan dengan konstruksi bangunan, wiremesh mungkin sudah tak asing lagi. Wiremesh merupakan satu dari komponen vital di dalam konstruksi dan sangat banyak diaplikasikan serta diterapkan pada kebutuhan yang berbeda. Agar Anda dapat lebih mengerti dan memahami tentang apa wiremesh serta fungsinya, maka artikel berikut ini akan bahas tentang beberapa hal berkaitan dengan wiremesh. 

Apa Itu Besi Wiremesh?

Seperti yang disebutkan di atas, jika semua komponen dalam konstruksi bangunan sangat penting, begitu juga dengan wiremesh. Lalu, apa itu yang dimaksud wiremesh?

Wiremesh merupakan rangkaian dari besi yang tampak seperti lembaran kawat yang sengaja dibuat seperti saling berpotongan satu dengan lainnya. Karena besi satu ini punya bentuk unik, maka kerap dinamai anyaman besi. 

Umumnya, besi wiremesh dipakai sebagai tulang atau penguat di saat pengecoran jalan, lantai rumah atau bangunan, maupun dak rumah karena diketahui bisa untuk menguatkan struktur bangunan. 

Fungsi serta Kegunaan dari Besi Wiremesh

Pada dunia konstruksi, tak ada bagian ataupun komponen yang tak punya manfaat. Semua bagian yang ada di dalamnya saling berhubungan satu dengan lainnya dan punya peran masing-masing untuk buat bangunan jadi lebih kuat, kokoh, dan dapat berdiri sempurna.

Sama seperti besi wiremesh, di bawah ini merupakan sejumlah contoh fungsi serta kegunaan dari besi tersebut yang perlu Anda tahu:

  • Wiremesh kerap dipakai sebagai besi tulangan saluran drainase. 
  • Dipakai sebagai penguat dak beton pada rumah atau bangunan sampai plat lantai. Besi ini menjadi efektif sekali jika dipakai di bangunan yang bertingkat karena sanggup untuk topang beban berat. 
  • Wiremesh dapat dimanfaatkan untuk menjadi plat beton yang ada di tanah karena mampu untuk keraskan struktur tanah sehingga mampu untuk topang berbagai macam beban berat yang berada di atasnya. 
  • Wiremesh pun kerap dipakai dalam konstruksi jalan raya sampai jalan tol karena kemampuan besi yang mampu menahan beban sangat baik. 
  • Plat beton menggantung pun bisa dibuat dengan memanfaatkan wiremesh. Anda bisa memanfaatkan plat beton menggantung untuk digunakan dalam konstruksi bangunan yang bertingkat ataupun untuk saluran pembuangan air hujan. 

Nah, demikian pembahasan singkat tentang besi wiremesh beserta dengan fungsi dan kegunaannya. Besi ini sudah banyak dipakai dalam konstruksi karena memang lebih kokoh dan bisa membuat bangunan menjadi lebih kuat. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top