Kenali Berbagai Perbedaan Antara Besi UNP Dan CNP Berikut Ini!

Dalam bidang konstruksi bangunan, istilah jual besi UNP dan besi CNP tentu sudah familiar di telinga beberapa orang yang bekerja di bidang tersebut. Namun bagi sebagian orang, termasuk Anda pastinya sulit membedakan kedua jenis besi tersebut. Karena itulah, di artikel berikut akan kita ulas mengenai perbedaan dari kedua jenis besi tersebut. 

Sekilas tentang besi jenis UNP dan CNP

Sebelum Anda mengetahui perbedaan di antara besi jenis UNP dan CNP, sebaiknya mengenal lebih dulu tentang kedua jenis besi tersebut. Pada dasarnya, besi jenis UNP memiliki sebutan nama lain seperti besi U channel, kanal U dan profil U. Besi jenis ini, umumnya memiliki ciri utama yakni berbentuk huruf U dengan bagian bawah yang terbuka dan memiliki bentuk lengkungan ke bawah.

Lain halnya dengan besi jenis CNP, yang mana memiliki nama lain berupa C channel dan kanal C. Jika dilihat secara saksama, bentuk besi CNP sendiri hampir sama seperti pipa oval dan banyak digunakan lantaran penggunaannya yang mudah dan praktis. Seperti halnya besi jenis UNP, jenis besi CNP juga memiliki sifat yang kuat dan kokoh serta anti rayap. 

Apa saja perbedaan antara besi UNP dan CNP?

Meskipun besi jenis UNP dan CNP sama – sama memiliki sifat yang kuat dan kokoh, akan tetapi kedua jenis besi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Di bawah ini ada beberapa perbedaan dari besi jenis UNP dan CNP yang perlu Anda pahami. 

  1. Bentuk

Perbedaan pertama dari besi jenis UNP dan CNP, yakni bisa dilihat dari bentuk yang dimilikinya. Dimana pada besi jenis UNP, memiliki bentuk huruf U dengan bagian atas terbuka. Sedangkan pada besi jenis CNP, memiliki bentuk huruf C yang mirip dengan pipa oval dengan bagian atasnya yang terbuka. 

  1. Fungsi

Dari fungsinya sendiri, besi jenis UNP banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti halnya sebagai penutup dinding, penutup dudukan atap, rangka komponen konstruksi dan lain – lain. Berbeda dengan besi CNP yang sering digunakan untuk gording atap, tiang, dinding cladding dan masih banyak lagi.

  1. Harga 

Terakhir, Anda bisa membedakan besi jenis UNP dan CNP dari masalah harganya. Dimana untuk harga besi jenis UNP biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan besi CNP. Meskipun besi jenis UNP mahal, akan tetapi harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas besi yang ditawarkan untuk kebutuhan konstruksi bangunan.  

Itulah tadi pembahasan menarik yang bisa Anda ketahui seputar beberapa perbedaan antara besi UNP dan besi CNP. Dengan mengetahui perbedaan kedua besi tersebut, maka akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan kira – kira jenis besi mana yang akan digunakan untuk konstruksi bangunan nantinya.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top