Jika Mau Memasang Solar Panel Untuk Rumah, Pahamilah Ini!

Ketika anda ingin menggunakan solar panel untuk rumah maka jangan terburu – buru terlebih dahulu jika tidak memahami beberapa hal berikut. Pasalnya banyak sekali orang yang keburu untuk memasang alat yang mampu untuk menggantikan listrik di rumah. Solar panel sendiri adalah sebuah alat yang mampu membangkitkan listrik dari tenaga matahari.

Alat solar panel untuk rumah ini memakai prinsip efek fotovoltaik ketika akan memproses energi matahari tersebut untuk menjadi sebuah listrik yang dapat didayagunakan. Energi tadi akan langsung disimpan ke dalam baterai dan kemudian akan dialirkan ke rumah anda untuk bisa anda pakai sebagai energi pengganti listrik konvensional. Selain itu dengan adanya energi ini bisa menghemat biaya pengeluaran listrik berbayar.

Mungkin sebagian besar dari anda telah paham bahwa dengan mendayagunakan energi matahari bisa memanfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan listrik di dalam rumah. Terlebih bagi anda yang bertempat tinggal di Indonesia yang mana notabene disini beriklim tropis sehingga sumber daya listrik begitu sangat mudahnya untuk bisa anda dapatkan.

Namun meskipun diberikan akses energi yang cukup mudah, tak jarang orang – orang harus benar – benar memahami pemasangan solar panel untuk rumah. Jika diibaratkan memasang alat ini sama halnya dengan anda melakukan renovasi rumah yang memerlukan pertimbangan matang yang harus dipilih. Berikut hal apa saja yang harus anda pertimbangkan ketika ingin memasang alat ini.

Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan

  1. Biaya

Pertama anda harus memperhatikan berapa besaran biaya yang harus anda keluarkan ketika ingin memasang instalasi listrik yang satu ini. Kurang lebih biaya yang harus anda keluarkan nantinya adalah sekitar 40 juta rupiah untuk pemasangannya hingga rampung. Namun dampak baiknya adalah dengan memasang solar panel di rumah nyatanya bisa mengurangi biaya listrik di rumah hingga 50% setiap bulannya.

  1. Perizinan

Jika anda ingin memasang solar panel di dalam rumah maka anda akan dikenakan perizinan untuk mendapatkan izin legalitas dari negara. Jika memakai panel surya di bawah 500 kilovolt maka anda sudah tidak perlu lagi memerlukan perizinan, namun apa artinya jika energi listrik yang dihasilkan oleh alat ini cukup kecil.

  1. Memilih Kontraktor Pemasangan

Perlu anda tahu bahwa ketika ingin memasang ini untuk dijadikan alat suplai listrik rumah maka anda haruslah memilih sebuah kontraktor pemasangan yang tepat. Pasalnya jika anda sampai salah memilih kontraktor maka dampaknya akan menimbulkan polemik dalam kurun waktu yang cukup panjang, maka dari itu pilihlah kontraktor yang terpercaya.

Demikianlah hal – hal yang harus anda benar – benar perhatikan ketika ingin memasang solar panel untuk rumah. Tentunya dengan pertimbangan yang tepat maka solar panel tersebut akan berfungsi dengan maksimal dan anda tak akan merasa terbebani.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top