Ingin Instalasi Solar Panel Untuk Rumah Anda? Berikut Syarat dan Ketentuannya!

Gimana sih, cara memasang instalasi solar panel di rumah pribadi? Pembangkit listrik tenaga surya yang kian hari kian diminati oleh masyarakat Indonesia merupakan salah satu alternatif pengganti listrik yang sumbernya dari batu bara. Tak hanya sebagai penghasil tenaga listrik, PLTS juga dikenal ramah lingkungan dan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Inilah cara memasangnya!

  1. Penuhi Syarat Administrasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan memasang instalasi solar panel adalah memenuhi syarat administrasi dan teknis.. Dalam hal ini regulasi, syarat, dan ketentuan pemanfaatan solar panel telah diatur dalam Permen ESDM nomor 12-13 tahun 2019 tentang energi terbarukan dan  konservasi energi.

Disebutkan di dalam permen tersebut bahwasannya konsumen PLN yang dapat memanfaatkan energi terbarukan solar panel adalah lembaga pemerintah, rumah tangga, dan badan kecil. Jadi sektor industri tidak bisa menggunakan solar panel. Kapasitas dayanya pun dibatasi, yakni paling tinggi adalah 90% dari daya PLN.

  1. Cari Lokasi yang Tepat

Selanjutnya cari lokasi pemasangan solar panel di bagian rumah yang paling tepat. Umumnya, solar panel diletakkan di atap. Kendati demikian ada pula yang memasangnya di tanah, jadi Anda bebas memilih mau memasang solar panel di mana.

Biasanya instalasi solar panel di atap paling baik menyerap sinar matahari. Hal ini karena panel surya akan mendapat sorotan sinar matahari paling banyak serta jam matahari terpanjang untuk menghasilkan energi listrik. Walau demikian, Anda tetap harus melakukan pemeriksaan arah dan sudut untuk menemukan tempat terbaik di bagian atap.

  1. Siapkan Ruang Penopang

Hal selanjutnya yang perlu Anda siapkan sebelum memasang solar panel adalah ruang penopang. Anda bisa menggunakan rel logam seperti aluminium untuk membangun penopang panel surya. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran panel surya yang akan dipasang.

Dalam membuat penupang, Anda juga harus mempertimbangkan bobot panell surya, sehingga penopang tersebut dapat benar-benar menahan semua kemungkinan yang terjadi pada saat cuaca buruk. Adapun cuaca yang dimaksud seperti halnya hujan badai dan angin puting beliung.

  1. Pasang Panel Surya

Setelah penopang selesai dibuat selanjutnya Anda bisa mulai memasang panel surya. Apabila Anda berencana melakukannya sendiri, Anda harus memastikan bahwa semua alat yang akan digunakan sudah siap. Adapun alat yang dimaksud antara lain adalah breket, klem, penjepit, dan baut.

Selain itu, mungkin Anda juga memerlukan bahan lain untuk memperkuat topangan panel agar tidak mudah jatuh ketika hujan badai datang. Usai menyusun panel surya, periksa kembali semua sambungan penopang yang telah dibuat. Pastikan bahwa semua sudah berdiri dengan aman.

Selama proses pemasangan di atap, Anda harus selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan diri. Jika instalasi solar panel sudah terpasang, selanjutnya Anda tinggal menghubungkan kabel-kabel untuk mendapatkan aliran energi. Jika tidak sanggup memasang sendiri, Anda boleh menggunakan jasa pemasangan solar panel yang saat ini sudah banyak tersedia di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top