Ada Jenis Panel Surya Yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Saat ini zaman sudah semakin maju, dari teknologi bahkan kemajuan listrik yang semakin pesat. Salah satunya yaitu panel surya atau biasa yang dikenal dengan teknologi yang dapat menghasilkan listrik cukup populer belakangan ini. bagi Anda yang tertarik dengan teknologi solar panel sangat perlu mengetahui jenis panel surya berkualitas yang bisa di dapatkan di pasaran.

Dengan mengetahui jenis panel surya berkualitas yang akan Anda gunakan, Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari panel surya tersebut. Ada beberapa ulasan mengenai jenis panel surya yang perlu Anda ketahui.

Jenis jenis panel surya yang perlu diketahui

  1. Monocrystalline silicon, jenis ini merupakan komponen sel surya yang paling banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Sel surya ini juga terbuat dari silikon yang diiris tipis dengan menggunakan mesin. Irisan yang dihasilkan bisa lebih tipis dan karakteristiknya yang identik ini tergantung dari mesin potong yang digunakan. kelebihan dari monocrystalline silicon ini yaitu panel surya ini juga merupakan salah satu sel surya yang paling berkualitas karena penampang yang dimilikinya dapat menyerap cahaya matahari. Sehingga panel surya berkualitas ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat. Anda juga dapat menggunakan panel surya jenis ini untuk kebutuhan sehari hari, selain itu Anda juga dapat menggunakan berbagai peralatan listrik salah satunya pompa submersible. Kekurangan yang dimiliki panel surya jenis ini yaitu, ia akan mengalami pengurangan efisiensi jika berada pada cuaca mendung dan berawan. Panel surya ini membutuhkan cahaya matahari yang sangat terang untuk beroperasi.
  2. Polycrystalline silicon, panel surya berkualitas selanjutnya yaitu polycrystalline. Panel surya ini menggunakan teknologi yang terbuat dari batang silikon dan dicairkan. Selain itu, jenis ini juga mempunya kelebihan dari segi susunannya yang rapi dan rapat. Ciri unik yang dimiliki oleh panel surya ini yaitu memiliki penampilan yang unik dan terkesan ada retakan pada sel panel surya. Adapun kekurangan panel surya jenis ini yaitu ketika digunakan pada daerah yang rawan dan sering mendung maka efisiensi yang dimiliki akan turun. Apabila dibandingkan dengan monocrystalline. Polycrystalline ini memiliki tingkat efisiensi yang lebih rendah.
  3. Thin film solar cell, yaitu teknologi yang dibuat dengan sel surya yang tipis dan kemudian dipasangkan pada sebuah lapisan dasar. Kelebihan yang dimiliki dari teknologi ini yaitu panel surya ini memiliki ukuran yang sangat tipis sesuai dengan nama yang dimilikinya. Sehingga dapat menyebabkan solar panel ini mempunyai bobot yang lebih ringan dan benda yang fleksibel. Kekurangan dari jenis ini yaitu memang terkesan sangat rendah, Anda hanya bisa menangkap sebesar 85%. Sehingga jenis panel ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan komersil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top