Manfaat Ice Flake Machine Untuk Pengolahan Makanan

Es adalah barang yang dibutuhkan di banyak segmen pasar di seluruh dunia. Ada beberapa jenis es yang memiliki tujuan tertentu. Untuk alasan inilah, ice flake machine komersial diperlukan untuk menghasilkan jenis es yang dibutuhkan, seperti es batu, es serpihan, es nugget, dan banyak lagi, dalam jumlah besar setiap hari di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, mesin pembuat es dapat digunakan di sejumlah besar segmen pasar karena es serpihan adalah salah satu bentuk es yang paling efisien dengan kegunaan yang beragam.

Meskipun memungkinkan untuk membeli es serpihan yang sudah jadi, akan lebih efisien untuk membeli ice flake machine jika es sering digunakan atau dalam jumlah besar untuk digunakan di industri pengolahan makanan berikut ini.

Pengolahan Produk Susu

Selama proses ini, pendingin menghilangkan panas, mendinginkan susu ke suhu yang tepat untuk mencegah kerusakan dan memperpanjang masa penyimpanan.

Pada titik ini, susu menjadi sejumlah produk yang berbeda seperti keju, yogurt, mentega, krim, dan es krim, yang semuanya membutuhkan beberapa tingkat penyimpanan dingin dan meningkatkan kompleksitas rantai pasokan dingin. 

Es serpihan terutama digunakan saat membekukan truk pengiriman untuk industri susu, terutama ketika penggunaan truk berpendingin tidak praktis karena kondisi iklim yang menentukan bahwa truk berpendingin tidak diperlukan sepanjang tahun atau lebih disukai, dari segi perawatan.

Selama proses pembuatan keju, panas dihilangkan dari bola keju dengan perendaman dalam rendaman air es. Es serpihan juga banyak digunakan dalam proses ini, karena memungkinkan pendinginan yang lebih cepat dan lebih efisien untuk menghilangkan panas.

Produk Buah dan Sayuran

Pemrosesan buah dan sayuran membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Jika produk disimpan pada suhu yang salah, produk dapat dengan mudah rusak. Terlalu dingin, dan hasil panen akan rusak, terlalu panas dan hasil panen akan membusuk dengan cepat.

Oleh karena itu, petani dan pengolah makanan bertujuan untuk menjaga produk mereka sesegar mungkin selama mungkin. Dari panen hingga ke pasar, es serpihan digunakan sebagai pilihan utama untuk menjaga kesegaran produk.

Industri Perikanan

Es adalah pendingin universal untuk industri perikanan. Dengan menipisnya sumber daya makanan laut, nelayan melakukan ekspedisi penangkapan ikan yang lebih lama yang juga berarti waktu yang lebih lama sebelum ikan dapat diproses dengan benar.

Namun, ikan mulai membusuk dengan cepat segera setelah ditangkap dan perlu disimpan pada suhu sekitar 0°C. Sedikit saja kenaikan suhu, bahkan hingga 4°C dapat melipat gandakan tingkat pembusukan makanan laut.

Es serpihan adalah pilihan ideal untuk industri perikanan karena memberikan pendinginan yang seragam. Dengan sifatnya yang lembut, es serpihan tidak memar atau melukai ikan selama penyimpanan dan menjaga hasil tangkapan tetap segar di setiap tingkat rantai pasokan hingga tiba di pasar lokal.

Demikian penjelasan singkat mengenai manfaat ice flake machine terutama pada industri pengolahan makanan. Semoga penjelasan diatas bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top