Pasang Panel Surya Rumah? Cek Dulu Informasi Berikut Ini!

Sebelum memilih memasang panel surya rumah, ada baiknya untuk menyimak kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu melalui artikel ini. Dengan begitu, kamu akan memiliki pertimbangan dan keyakinan untuk memilih yang terbaik. Sebagai tambahan, artikel ini juga memuat informasi apa itu panel surya dan prinsip kerjanya.

Apa Itu Panel Surya

Solar panel atau panel surya adalah salah satu perangkat yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Energi yang dikeluarkan didapat dari penyerapan sinar matahari. Nantinya, energi dari matahari akan diubah menjadi energi listrik.

Panel surya disebut sebagai energi alternatif karena memanfaatkan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik. Karena hanya memerlukan sinar matahari, penggunaan panel surya rumah dinilai mampu menghemat pengeluaran bulanan listrik.

Keunggulan Panel Surya

Salah satu keunggulan penggunaan panel surya di rumah adalah mampu menghemat biaya bulanan listrik. Namun, tidak hanya itu saja, berikut beberapa keunggulan lainnya:

  1. Cocok dengan Iklim Indonesia

Karena beriklim tropis, pemasangan panel surya di Indonesia sangat menguntungkan. Pasalnya, panel surya bisa mendapat sinar matahari secara melimpah. Dengan begitu, akan ada banyak energi listrik yang tersimpan.

  1. Panel Surya untuk Rumah Bisa Menggantikan Atap Rumah

Pemasangan panel surya membutuhkan kemiringan yang cukup layaknya memasang atap rumah. Mengingat atap rumah di Indonesia dipasang miring, panel surya bisa dipasang di atas atap. Dengan begitu, tidak memakan banyak ruang. 

  1. Jaminan Garansi Lama

Panel surya dapat bertahan relatif lama dan harganya cukup kompetitif. Oleh karena itu, perusahaan penyedia panel surya berani memberi garansi relatif lama juga, yaitu sekitar 25—30 tahun. Namun, setiap tahunnya efisiensi panel surya berkurang 0,5%, sehingga perlu perawatan berkala.

  1. Rendahnya Biaya Perawatan

Panel surya relatif tidak membutuhkan perawatan yang banyak, sehingga tidak perlu khawatir dengan masalah biaya perawatan. Untuk komponen yang rutin diganti salah satunya adalah inverter, tiap 10 tahun. Kabel-kabel juga perlu dipastikan dalam keadaan baik.

Kekurangan Panel Surya

Adapun kelemahan dari penggunaan panel surya adalah sebagai berikut:

  1. Biaya pemasangan cukup mahal

Komponen panel surya meliputi solar panel, kabel, baterai, dan inverter. Belum lagi membayar tukang untuk memasangnya. Ada pun perhitungannya sebagai berikut, yaitu untuk memproduksi 262 kWh per bulan dari panel surya, butuh biaya Rp33,7 juta.

  1. Bergantung cuaca untuk mendapat sinar matahari

Karena bergantung pada sinar matahari, jika mendung, tak ada energi yang bisa disimpan untuk diubah menjadi energi listrik. Namun, untuk simpanan energi listrik, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai panel surya sekaligus listrik dari PLN.

Meski terdapat kekurangan, yaitu biaya pemasangan yang relatif mahal, kamu bisa menghemat tagihan listrik hingga Rp371 ribu per bulannya dengan memakai panel surya rumah. Demikian informasi kali ini. Semoga dapat membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top