Persyaratan PLTS yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memasangnya

Penggunaan PLTS di Indonesia memang masih sedikit karena banyak digunakan untuk gedung-gedung perkantoran yang umum di kota besar.

Namun, seiring berjalannya PLTS sudah mulai banyak digunakan masyarakat secara umum, karena mampu untuk menekan pengeluaran biaya listrik. Maka, sebelum pemasangan PLTS untuk rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu PLTS?

PLTS atau disebut dengan pembangkit listrik tenaga surya merupakan penghasil tenaga listrik yang efektif dan ramah lingkungan, karena menggunakan sinar matahari secara langsung sebagai energi listrik.

Tingginya kebutuhan akan konsumsi tenaga listrik terus mengalami peningkatan tentu mengakibatkan pembekakan pada biayanya. 

Dikembangkannya PLTS untuk rumah tidak hanya sebagai pencegahan saja, tapi juga melakukan penghematan listrik PLN.

Adanya PLTS di Indonesia tentu memiliki prospek yang  baik, karena secara geografis Indonesia adalah negara tropis yang dilewati khatulistiwa sehingga memiliki potensi energi surya yang cukup baik. 

Persyaratan Pemasangan PLTS untuk Rumah

Sebagai penyedia sumber tenaga listrik, PLTS memiliki persyaratan pemasangan yang berlaku karena pemasangannya harus memperhatikan posisinya agar mendapatkan tenaga surya yang diinginkan. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut ini. 

  • Mendapatkan izin pemasangan

Sebelum memasang PLTS untuk rumah, Anda perlu mengajukan permohonan untuk pemasangannya. Jika perizinan sudah diberikan Anda dapat memulainya.   

  • Memilih lokasi yang tepat

Untuk memasang PLTS, Anda harus  di tempat terbuka dan tidak tertutupi oleh apapun, baik bangunan maupun pohon, maka disarankan untuk memasangnya diatas rumah yang bisa Anda jadikan sebagai atap. 

  • Menginstalasi kabel 

Sebelum memasang PLTS, Anda harus memperhatikan Kabel listrik yang akan dipakai, maka pilihlah kabel yang terbuat dari bahan yang dapat bertahan pada cuaca ekstrim dan bisa tahan panas. 

Selain itu, pemasangan kabel harus benar agar mampu memberikan perlindungan tambahan untuk menghindari  terjadinya kebocoran arus yang dapat mengakibatkan kebakaran. 

  • Menggunakan meteran pascabayar

Jika Anda masih menggunakan meteran jenis prabayar, maka harus mengajukan perubahan terlebih dulu agar mekanisme pembayaran biaya listrik diganti menjadi sistem pascabayar.

  • Melengkapi kelengkapan administrasi

Ketika melakukan pemasangan PLTS setelah pengajuan terlebih dulu ke PLN setempat. Beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan mulai dari nomor identitas pelanggan PLN, nama pelanggan, fotocopy KTP hingga fotocopy NPWP.

  • Memperhatikan kekuatan pondasi

Anda harus memperhatikan  pondasi PLTS sebelum menggunakannya dan pastikan juga posisi PLTS yang tepat agar bisa terkena sinar matahari secara optimal.

PLTS untuk rumah sangat menguntungkan penggunanya karena Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus dikeluarkan. 

Maka, Anda harus mencari orang yang dapat memasangnya dengan baik, agar dapat menggunakannya secara maksimal dan pastikan Anda mendapatkan PLTS dari perusahaan yang memiliki jaminan pemasangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top